Selama bertahun-tahun, alat inspeksi rumah telah dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan Inspektor. Pengukur kelembapan, kebocoran , dan banyak lagi semuanya telah membantu mempersingkat waktu yang dibutuhkan seorang Inspektor untuk menyelesaikan pekerjaan. Beberapa alat ini membuat pekerjaan lebih aman, beberapa membuatnya lebih cepat, dan beberapa memungkinkan Inspektor untuk menambahkan layanan baru dengan laporan mereka. Teknologi termografi dan inframerah cocok untuk semua kategori ini dan telah menjadi layanan terkemuka yang harus dilatih oleh semua Inspektor.

 

 

Termografi inframerah (IRT) adalah ilmu yang digunakan untuk menangkap dan memproses informasi termal menggunakan alat pengukuran non-kontak. Ini dilakukan dengan menganalisis radiasi inframerah (IR) yang dipancarkan dari suatu objek yang suhunya di atas nol mutlak. Karena panjang gelombang ini berada di luar spektrum cahaya tampak, alat pengukur inframerah diperlukan untuk menangkap dan memproses informasi ini.

Kamera pencitraan termal bekerja dengan mendeteksi tanda panas dan menampilkannya sebagai skala gradien, dengan warna yang lebih terang menandakan area yang lebih panas dan warna yang lebih gelap

menandakan daerah yang lebih dingin. Tidak seperti cahaya tampak, yang merupakan pantulan panjang gelombang cahaya dari suatu objek, inframerah datang langsung dari sumber gambar. Hal ini memungkinkan kamera IR berfungsi dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh kamera cahaya tampak tradisional.

 

Keuntungan umum dari IRT adalah sebagai berikut:

  • IRT adalah teknologi non-kontak; perangkat tidak bersentuhan dengan sumber panas menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman.
  • IRT menciptakan gambar termal dua dimensi yang memungkinkan perbandingan dengan kamera cahaya tampak
  • IRT bekerja secara real-time, memungkinkan pemindaian gambar berkecepatan tinggi
  • IRT aman dan efektif
  • IRT bersifat non-invasif dan tidak akan mengganggu atau mempengaruhi area target

 

IRT telah digunakan secara luas sebagai teknologi militer di tahun 1970-an tetapi menemukan dirinya dalam penggunaan komersial segera setelah itu. Saat ini teknologi tersebut digunakan di berbagai bidang termasuk kedokteran, pengawasan, teknik, dan diagnostik bangunan, yang mencakup inspeksi rumah. Untuk Inspektor rumah, pengetahuan tentang pelatihan IRT dapat membantu mendiagnosis cacat yang mungkin tidak terlihat dalam pemeriksaan rutin, mengungkapkan cacat lebih lanjut dan penyebab mendasar, dan dapat membuat pekerjaan lebih aman.

Pencitraan inframerah atau termografi menggunakan instrumen khusus yang mendeteksi dan memvisualisasikan spektrum panas yang memungkinkan pengawas rumah mengikuti aliran panas melalui sistem. Instrumen tersebut termasuk yang berikut:

 

Spot Radiometer: Juga dikenal sebagai radiometer titik, perangkat ini digunakan untuk mengukur satu titik di rumah. Inspektor rumah kemudian mengumpulkan data untuk menentukan di mana ada fluktuasi suhu.

Pemindai garis termal: Seperti namanya, perangkat ini menampilkan gambar garis variasi termal yang dilapiskan pada area yang dipindai.

Kamera pencitraan termal: Kamera inframerah menghasilkan gambar termal dari suatu area yang menampilkan kebocoran panas secara lebih rinci daripada radiometer spot dan pemindai garis termal.

Seiring dengan perangkat pencitraan ini, Inspektor rumah juga dapat menyertakan pintu blower dalam inspeksi termografi mereka untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan terperinci. Pintu blower akan menciptakan tekanan negatif di dalam ruangan, menyebabkan udara tertarik dari luar sistem yang menunjukkan area kebocoran panas.

 

Aplikasi IRT dalam Inspeksi Rumah

Sebagai Inspektor rumah, adalah tugas Anda untuk mengidentifikasi cacat serius, tetapi terkadang cacat dapat sepenuhnya tersembunyi di depan mata. Ketika disertakan dalam pemeriksaan rutin, kamera IR dapat membantu pemeriksa dalam mengidentifikasi cacat tersembunyi ini. Memahami prinsip IR dan cara menginterpretasikan data akan membantu Anda membuat laporan yang lebih lengkap.

 

Berikut adalah daftar beberapa aplikasi untuk IRT:

  • Tentukan apakah isolasi jika kurang atau berlebih
  • Tentukan apakah ada kebocoran udara atau kelainan pada panas yang mengalir keluar dari gedung
  • Tentukan apakah ada gangguan kelembaban dengan insulasi atau sistem lain (bila digunakan dengan pengukur kelembaban)
  • Tentukan apakah sistem kelistrikan kelebihan beban atau terlalu panas
  • Tentukan apakah ada kebocoran atau cacat pada atap
  • Tentukan cacat dengan sistem HVAC

 

Kesimpulannya

Penting untuk dipahami bahwa, seperti semua jenis inspeksi lainnya, teknologi inframerah memiliki keterbatasan. Anda tidak boleh mengandalkan IRT daripada alat dan prosedur inspeksi lainnya, tetapi gunakan semua alat dan pengetahuan Anda untuk mendapatkan hasil yang paling tepat. Jika digunakan dengan benar, IRT dapat membantu mengungkap masalah yang mungkin tidak pernah Anda sadari saat menggunakan teknologi non-inframerah. Meskipun ilmu pengetahuan dan data mungkin berlebihan bagi klien, dengan pelatihan di IRT Anda akan dapat mengembangkan pengetahuan Anda tentang bisnis inspeksi rumah dan meningkatkan layanan dan laporan Anda.

Hubungi kami untuk melakukan jasa inspeksi IRT di rumah atau gedung Anda

 

Leave a Reply